Thursday, July 28, 2011

Joan Loves....The Last Day in Fast Mandarin as Beginner 1 student XD

Selama Juni-Juli 2011, tepatnya setelah selesai kuliah semester 6, gue langsung mendaftar ke tempat kursus bahasa Mandarin yang namanya FAST MANDARIN. Yup, gue memutuskan untuk mengisik 3 bulan liburan gue,bukannya dengan magang seperti yang dilakukan oleh mahasiswa interior angkatan gue pada umumnya, melainkan dengan  belajar bahasa Mandarin. So for the next 2 months every MONDAY-WEDNESDAY-FRIDAY from 7.35pm , you can find me in Fast Mandarin' s jiaoshi B.

Sebenarnya niatan untuk belajar bahasa ini udah lama banget, setelah gue lulus SMA, tapi gue baru beraninya sekarang. Lagipula setelah gue pikir-pikir, hal ini pasti bakal guna banget kalo gue kerja nanti. Seperti yang dilihat nyokapnya sahabat gue dan dosen gue (yg PRO CHINA bgt), ke depannya Mandarin juga bakal jadi bahasa yg sering dipake kayak Inggris. Plus, gue rasa di Jakarta juga dah banyak dibutuhkan org yg bisa bahasa Mandarin.

FAST MANDARIN?

Gue juga tahu tempat ini dari temen gue, Evelyn. Dia ngeles di sini udah lama. Mendengar ceritanya dia, gue jadi penasaran. Nah kebetulan pas lagi jalan ke mall, gue ngeliat iklannya Fast Mandarin buka kelas. Nah, dari situlah gue langsung bertekad untuk mengikuti jejak teman saya. Lumayan lah. Sekarang kapasitas bahasa Mandarin saya enggak cuma sebatas "太貴了( re: terlalu mahal, tai gui le)" "你 叫什么 名子(re:nama lo siapa?; ni jiao shenme mingzi?)".

Fast Mandarin itu letaknya di salah satu ruko  Wisma Gading Permai, Kelapa Gading. Yup,tempat yang sama dengan berkumpulnya kafe tenda di parkiran WGP. Pokoknya lihat aja neon box kayak di bawah ini, nah itu deh Fast Mandarin:

[caption id="attachment_180" align="aligncenter" width="300" caption="FAST MANDARIN"][/caption]

 

How's the people?

[caption id="attachment_178" align="aligncenter" width="614" caption="THE MEMBERS OF BEGINNER 1(minus Tante Febi). Note: maafkan minimnya kapasitas saya untuk mengingat nama. Yg belum kesebut, 對不起!!!! _l7o"][/caption]

Yeah, gue pikir gue bakal bego sendiri. Untung aja emang itu kelas isinya beginner. Emang ada beberapa yang udah lumayan jago dan hafal kosakata, macam Ivan dan adeknya, Sinta, Adi (yang selama 1,5 bulan dipanggil EDI). Terus ada juga yang sering bertanya,that would be bapak2 yang gue lupa namanya siapa(pokoknya ada sugi, hariyadi,michael, sisanya lupa). Terus ada 2 orang Korea (yg tyt adalah kakak beradik juga), Jin (si kakak yg enggak bisa bahasa indo) dan Ricky(si adik yg berbahasa indo dengan logat Korea), yang terkadang harus dijelasin pake bahasa Inggris. Terus ada org yg sangat clueless,si Tante Febi, tapi sumpah, ini orang kocak parah( too bad kayaknya dia malah putus di tengah jalan). Dan terakhir ada gue, si almost clueless yg songong dan gugupan.

How's the class? I LOVE IT!!! Kalau gue uraikan secara singkat pengalaman dua bulan jadi beginner 1: MUDAH DI AWAL, BELIBET DI KEMUDIANNYA. Why? Gue lancar banget ngikutin 3 pelajaran awalnya. Soalnya, udah pernah dibahas pas SMA.  Malah gue rasa si Pipin Laoshi melihat gue sebagai murid yg berpotensi jadi anak pinter di kelas.

Tentu saja gue yakin pikiran itu langsung berubah di tengah jalan. Seiring berjalannya waktu, pelajaran pun makin sulit. Kalimat yang harus dibaca oleh kami pun semakin panjang. Tidak hanya itu saja, kalimat-kalimat itu harus dibaca dengan cepat dan dengan nada yang benar pula.  Sumpah, gue langsung kehabisan nafas dan nervous kalo dapat giliran suruh baca sendirian. Tapi, bukan hal itu yang paling memalukan. Coba dong, gue harus berkali-kali ngucapin kata segampang  'qu' (去), yang artinya pergi itu?!

Moving on to the last day as beginner 1.

Gara-gara gue enggak masuk pas hari Senin, jadi pas hari Rabu gue datang dengan pedenya, menantikan hari ini bakal belajar apa. Pas kelas dimulai, laoshi ngajak nge-review paragraf2 yang pernah di baca( Ini belum menyadarkan gue). Tapi gue heran banget kenapa 4 orang bisa dengan 'goblok'nya enggak bawa buku sampai gue harus minjemin buku gue. Ternyata,hai,ternyata.. gue lah yang merupakan orang goblok tersebut. Karena pada hari itu juga gue baru tahu bahwa ada UJIAN NAIK LEVEL. Itu pun gue baru tahu pas Laoshi ngebagiin kertas soal yg tulisannya " LATIHAN (FINAL)". Sinta pun ngasih tahu kalo hari ini ujian. HIYAAAAA.....

[caption id="attachment_177" align="alignnone" width="300" caption="SOAL UJIANNya. (Note: Ini bukan kelas saya)"][/caption]

 

Well, emang enggak sehoror yang gue kira sih. Sebagian besar gue bisa dan ngerti harus nulis apa tanpa nanya sekalipun(yah kadang nanya juga si sama Sinta). Pas diperiksa juga salah ngeja doang gara-gara pengen cepet selesai. Tapi bukan itu yang bagian terlucunya.

Sewaktu gue di SMA, ujian Mandarin bakalan jadi ujian tergampang karena apa yang keluar pas latihan ,itu juga yang keluar di ulangan (urutan dan soalnya SAMA PERSIS). Hal serupa terjadi pas ujian level. Soal yang keluar adalah kita di suruh ngebikin kalimat Mandarin (pinyin) sesuai sama kalimat Bahasa Indonesia dan jumlah Hanzi yg tertera di soal. Nah, kalimat-kalimanya tuh ternyata sama persis sama semua paragraf yang ada di buku(pantesan aja tadi laoshi minta kita ngereview baca bareng sebelum tes). Yang jadi masalah adalah kita bukan doraemon yang punya alat untuk mengingat setiap kosakata yang baru dibaca lagi selama 15 menit itu. Alhasil,pasti adalah kosakata yang lupa dikit-dikit.

Nah, pas laoshi lagi keluar, kelas pun jadi hectic dengan pertanyaan 'apa bahasa mandarinnya apa?". Saat itu juga, murid-murid yang udah bikin temen ngobrol(untuk gue yang ga jago berteman, temen diskusi) sendiri selama dua bulang, langsung bersatu padu mencari jawaban.  Terus gobloknya lagi, kan emang enggak boleh buka buku, eh dengan gagah beraninya si Ricky (yang apparently seringan nyalin punya si Sinta) langsung BUKA BUKU. Seisi kelas langsung rame gara2 ketawa. Kayaknya saking berisiknya, si Laoshi pun masuk kelas lagi. Akhirnya mala Laoshi yg ngeladenin pertanyaan kosakata. eeaaa, kalo gini mah,semua pasti lulus. hahaha

Next week, bakal ada kelas pemula2. Semoga isi kelasnya sama persis kayak yang kelas pemula 1. Amiin

No comments:

Post a Comment