Monday, September 5, 2011

Joan Loves.... Persuasion

If you're thinking this post is about me loving to persuade people to get what I want.... YOU ARE WRONG!! Simply because I'm not that kind of person. Instead, I would like to share a MOVIE called Persuasion. First of all, just like the hopeless romantic women out there, I LOVE Jane Austen and her work.  I'm in love with Mr. Darcy big time. Gue bahkan ikut-ikutan sebel sama Lizzie pas ngebaca novel yang satu ini (dibaca saat lagi ngungsi banjir lima tahunan haha). Since read and watch movies about Pride and Prejudice, gue ketagihan nyari semua film adaptasi novelnya Jane Austen. And like, the other women out there, I decided Mr.Darcy as the best fictional character that Jane had ever made. Well, that happen untill I watched Persuasion (1995).


Capt.Wentworth,played by Ciaran Hinds

Anne Elliot played by Amanda Root

THE STORY

Film dibuka antara adegan pemotongan bolak-balik dari sebuah kapal angkatan laut yang membawa Admiral Croft (JohnWoodvine), dan sebuah kereta yang  membawa Sir Shepperd (Davidd Collings) dan putrinya Mrs. Clay (Felicity Dean) ke  Kellynch Hall mengunjungi  pemilik kediaman, Sir Walter Elliot (Corin Redgrave).  Sir Walter, seorang baron yang suka boros dan bersolek dihadapkan dengan kehancuran finansial kecuali dia mulai berhemat. Meskipun Sir Walter awalnya menentang gagasan itu, ia akhirnya setuju dengan rencana untuk sementara pindah ke Bath sementara Kellynch Hall disewakan kepada Croft.

Anne (Amanda root),anak kedua dari Sir Walter –heroine dalam cerita ini-- tampak sangat marah setelah mengetahui bahwa penyewa baru Kellynch Hall adalah Admiral Croft,yang juga  adalah saudara ipar Kapten Frederick Wentworth (Ciaran Hinds), mantan tunangan Anne sembilan tahun yang lalu.Karena kurangnya prospek dan koneksi yang dimiliki Wentworth, Lady Russel,teman Anne yang khawatir dengan masa depan Anne,berhasil membujuk Anne untuk memutuskan pertunangan itu.

[caption id="attachment_350" align="alignnone" width="490" caption="Lady Russel convinced Anne that she was right to reject Wentworth wheh she's 19"][/caption]

Wentworth sekarang menjadi kaya. Kekayaannya didapatkan karena ia melayani di angkatan laut selama Perang. Sekarang ia telah kembali ke Inggris  dan kabarnya, tujuan Wentworth kembali adalah mungkin untuk  mencari istri. Sementara ayah dan kakaknya, Elizabeth, meninggalkan Hall dan pergi ke  Bath, Anne tetap  tinggal untuk menyelesaikan mengarahkan persiapan sebelum penyewa baru datang. Setelah menemukan surat-surat lama antara dia dan Wentworth, ia mengungkapkan kepada Lady Russell kesedihannya terhadap keadaan keuangan keluarganya saat ini, dan keputusan masa lalunya untuk menolak menikahi Wentworth.

Anne mengunjungi saudara mereka yang lain, Maria (Sophie Thompson), yang telah menikah dengan keluarga lokal, Musgroves.  Anne dengan  sabar mendengarkan berbagai keluhan oleh Mary mengenai  suaminya,Charles, saudara iparnya—Louisa (Emma Roberts) dan Henrietta (Victoria Hamilton), dan mertuanya, Mr Musgrove (Roger Hammond) dan Mrs. Musgrove (Judy Cornwell).
Setelah sekarang menetap di di Kellynch Hall, Admiral dan Mrs.Croft mengunjungi Musgroves. Mengetahui bahwa adik Mrs.Croft. Kapten Wentworth,juga  akan datang untuk makan malam bersama keluarga Croft dan Mungroves, Anne langsung mencoba untuk menghindar. ‘Untunglah’ anaknya Maria terluka dan mengalami patah tulang leher. Hal itu membuat Maria menjadi dilemma antara merawat anaknya atau ikut makan malam bersama(well, si Maria ini sih sebenernya ngebet banget ingin berkenalan sama Capt. Wentworth).  Anne pun memanfaatkan kesempatan ini ,menawarkan dirinya untuk merawat  anak Maria. Anne berhasil menghindari Wentworth.

Keesokan paginya saat sarapan, Anne dan Mary tiba-tiba bertemu sebentar oleh Wentworth, pertama kalinya ia dan Anne telah melihat satu sama lain sejak penolakannya. Setelah Wentworth pergi,Maria kemudian menceritakan kepada Anne bahwa Wentworth pikir Anne begitu berubah, ia "tidak akan mengenali Anne lagi". Nancep ga sih tuh? Kayak kurang aja, Mary juga menceritakan bahwaWentworth  menjadi fokus rebutan bagi Louisa dan Henrietta untuk dijadikan suami, tanpa mengetahui hubungan masa lalu antara Anne dan Wentworth.

Masih merasa terluka dan  tertolak oleh penolakan Anne beberapa tahun yang lalu,  Capt.Wentworth selalu sengaja terlihat berjalan bersama Louisa ketika ada acara jalan-jalan bersama, dan itu membuat Anne menjadi makan hati,namun tetap diam saja. Di acara jalan-jalan lainnya, Wentworth akhirnya belajar dari Louisa bahwa sebenarnya Anne dibujuk oleh Lady Russel untuk menolak  tawaran Charles menikahinya . Karena itulah Charles akhirnya melamar dan menikahi Mary,saudara Anne. Itu 'kan berarti waktu Anne menolak Wentworth pasti karena dikomporin oleh Lady Russel juga.

Suatu hari, Anne, Musgroves, dan Wentworth pergi ke Lyme untuk mengunjungi dua dari teman-teman lamanya di  angkatan laut, Kapten Harville (Robert Glenister) dan Kapten Benwick (Richard McCabe). Di sana Louisa gegabah melompat dari tangga  tertinggi dengan harapan Wentworth akan menangkap dia. Sayangnya, perkiraan Louisa salah, ia malah jatuh dan mengalami cedera kepala.

[caption id="attachment_351" align="alignnone" width="490" caption="Louisa fell to the ground"][/caption]

Wentworth, Henrietta, dan Anne perjalanan kembali ke rumah Mr dan Mrs Musgrove dan memberitahu mereka tentang putri terluka mereka. Wentworth pun  mengantarkankeluarga Musgroves bergegas kembali ke Lyme.

Sementara itu, Anne segera pergi ke Bath untuk tinggal bersama ayahnya dan kakaknya. Sir Walter dan Elizabeth mengungkapkan bahwa mereka telah memperbaiki hubungan mereka dengan seorang sepupu yang sebelumnya jelek, Mr Elliot (Samuel Barat), pewaris gelar Baron dan harta milik keluarga besar Elliot.  Anne diperkenalkan satu sama lain dengan Mr. Elliot. Mereka menyadari bahwa mereka pernah bertemu sebentar sewaktu di Lyme. Melihat Lady Russell senang bahwa sekarang Anne bersama Mr.Elliot, Anne membiarkan Mr.Elliot menghabiskan waktu bersamanya,meskipun Anne masih tidak yakin dengan hubungan barunya ini.

The typical plot of Jane Austen’s novel.

Bukan novelnya Jane Austen,kalau tidak ada kesalahpahaman antar tokoh utama.  Persuasion juga punya adegan sejenis itu.

Lama-kelamaan, Mr.Elliot pun akhirnya mengeluarkan ‘the question’ mengenai apakah Anne mau menjadi istrinya. Semua orang yang mengenal Anne langsung bahagia mendengar kabar tersebut dan mengira Anne pasti akan menerima lamaran Mr. Elliot.

Di tengah keraguannya untuk menikahi Mr.Elliot, Anne mendapatkan undangan untuk datang ke rumah teman lamanya,Mrs.Smith Mrs Smith (Helen Schlesinger). Di sana Anne diberi tahu oleh Mrs.Smith bahwa Mr.Elliot bangkrut dan hanya tertarik mendekati Anne untuk membantu lebih memastikan posisinya sebagai ahli  warisan ayahnya dan menghindari  kemungkinan menikahi Mrs Clay. Ia pun yakin untuk tidak menerima lamaran Mr.Elliot.  Sepulang dari rumah temannya, Anne bertemu dengan Mr.Croft yang menceritakan kekagetannya bahwa setelah Louisa pulih dan bertunangan dengan Kapten Benwick,bukannya  Wentworth, dan Wentworth akan  tiba di Bath. Mendengar hal itu, Anne menjadi senang karena (dari yang gue tangkep pas nonton sih) ia masih punya kesempatan untuk kembali  mendapatkan Wentworth.

Wentworth indeed  bertemu Anne pada beberapa kesempatan.  Anne mencoba untuk mendekati Wentworth dan bersikap baik. Sayangnya, Wentworth  lebih suka untuk sekedar basa-basi,dan  menghindari Anne. Wentworth malah  menyindir Anne yang masih lebih mementingkan kewajiban sebagai anggota dari ‘keluarga terhormat’.  Sikapnya semakin ‘dingin’ ketika Wentworth  mengetahui bahwa Anne sekarang sedang sering terlihat bersama Mr.Elliot.

[caption id="attachment_349" align="alignnone" width="490" caption="Capt.Wentworth-Mr.Elliot-Anne"][/caption]

Di kesempatan lain, saat Lady Russel mencoba meyakinkan Anne salah karena menolak lamaran Mr.Elliot,Wentworth datang untuk menemui Anne. Ia membawa pesan dari Mr.Croft bahwa Mr.Croft sudah tahu mengenai rencana pernikahan Anne dan menawarkan untuk membatalkan kontrak rumah Kellynch Hall supaya Anne bisa tinggal bersama suaminya di situ. Mendengar hal itu,Anne semakin sebal karena semua orang menganggap,Anne beneran akan menikah dengan Elliot.  Dari yang gue tangkap, Anne juga kesal melihat Wentworth yang sama sekali tidak mencoba melarang Anne untuk menikah,apalagi ikut-ikutan mengira Anne akan menikah dengan Elliot,padahal yang Anne cintai adalah Wentworth. Saat itu juga, Anne meninggalkan Wentworth dengan marah.

Beberapa waktu kemudian,  Wentworth dan Capt. Harville berkunjung ke rumah Musgroves yang kebetulan Anne juga berada di sana. Secara tidak sengaja  Wentworth mendengar pembicaraan Anne dengan Capt. Harville tentang keteguhan dari cinta seorang wanita, " If I may, so long as the woman you love lives, and lives for you, all the privilege I claim for my own sex, and it is not a very enviable one - you need not covet it, is that of loving longest when all hope is gone. ". Sebelum pulang, Wentworth menulis sebuah surat untuk Anne yang menyatakan bahwa selama ini  ia masih mencintai Anne dan Anne salah mengenai teori wanita mencintai lebih lama. Setelah membaca surat itu, Anne buru-buru menyusul Wentworth.

[caption id="attachment_348" align="alignnone" width="490" caption="Anne's reading Wentworth's letter"][/caption]

Di tengah-tengah keramaian parade sirkus yang baru datang ke kota,keduanya berbaikan,berciuman,dan berjalan bersama. Awwww so sweet.

[caption id="attachment_346" align="alignnone" width="490" caption=""I tried to forget you. I though I had,"says Capt.Wentworth"][/caption]



Malamnya, Wentworth mengumumkan niatnya untuk menikahi Anne di sebuah pesta malam itu. Adegan terakhir menunjukkan Wentworth dan Anne berdiri  sebuah kapal angkatan laut, senang bisa bersama-sama dan hendak melakukan pelayaran. Awwww~ manis banget (galau mode on haha).

THE REASON I LOVED PERSUASION

1. Udah jelas ceritanya lha! Dari semua novel Jane Austen, Anne dan Wentworth adalah tokoh favorit gue. Anne mungkin pernah sekali membuat kesalahan karena mengikuti persuasi dari temannya,Lady Russel. Tapi,manusiawi kok. Waktu itu dia 'kan masih muda 19 tahun. Justru selama proses 8 tahun itu,ia juga semakin dewasa dan mendapati dirinya memang cintanya ya sama Wentworth aja.  Siapa tuh si Elliot?! Hahaha. Oh iya, terus juga si Wentworth. MEEEEN!!!Dia tuh adorable banget. Walaupun si Elliot itu saingannya, ia enggak pernah ngejelek-jelekin supaya Anne ilfil sama Elliot. Terus, oh ya,s uratnya itu udah cukup menjelaskan betapa perasaan Wentworth enggak pernah berubah dan lebih dari cukup untuk membuat para hopeless romantics out ther,including me, fantasize him as my husband.

2. Semua aktor yang dipakai (baik versi 1995 dan 2007) itu emang enggak cantik dan ganteng ala Hollywood. Itulah yang bikin gue seneng,karena semakin membuat film ini terasa real buat gue. Big applause for BBC who always gets real when it comes to choose actors and actress for their movie.

THE LETTER

Selain Ciaran Hinds yang berhasil membawakan karakter Wentworth sehingga gue jadi jatuh cinta sama tokoh fiksi yang satu ini, ada penyebab lain yang bisa membuat gue cinta Wentworth melebihi Mr. Darcy, yaitu adalah surat pengakuaannya kepada Anne. Kenapa daritadi gue begitu heboh mempromosikan betapa romantis suratnya Capt.Wentworth? Inilah isi dari surat Wentworth kepada Anne:
"I can listen no longer in silence. I must speak to you by such means as are within my reach. You pierce my soul. I am half agony, half hope. Tell me not that I am too late, that such precious feelings are gone for ever. I offer myself to you again with a heart even more your own than when you almost broke it, eight years and a half ago. Dare not say that man forgets sooner than woman, that his love has an earlier death. I have loved none but you. Unjust I may have been, weak and resentful I have been, but never inconstant. You alone have brought me to Bath. For you alone, I think and plan. Have you not seen this? Can you fail to have understood my wishes? I had not waited even these ten days, could I have read your feelings, as I think you must have penetrated mine. I can hardly write. I am every instant hearing something which overpowers me. You sink your voice, but I can distinguish the tones of that voice when they would be lost on others. Too good, too excellent creature! You do us justice, indeed. You do believe that there is true attachment and constancy among men. Believe it to be most fervent, most undeviating, in

F. W.

"I must go, uncertain of my fate; but I shall return hither, or follow your party, as soon as possible. A word, a look, will be enough to decide whether I enter your father's house this evening or never."

[caption id="attachment_344" align="alignnone" width="394" caption="Capt.Wentworth left a letter for Anne. Awww~"][/caption]

- Jane Austen, Persuasion

So sweet banget 'kan?Gila 'kan? Orang gue aja yang mendengarkan narasi dengan suara Ciaran Hinds langsung klepek-klepek,sighing,mau nangis,and nagging minta dinikahin sama Wentworth dan dibawa berlayar. Pokoknya kalau ada  cowok yang bisa ngomong seperti ini dengan sungguh-sungguh ke gue, I'll definitely consider him as my husband, hahaha.

No comments:

Post a Comment