Tuesday, August 9, 2011

Joan Loves....Making Tteokbokki

HI!!!!I'M BACK!!!! I'M SUCH IN A GOOD MOOD TODAY!!!Kenapa? Karena hari membuat tteokbokki yang se3mpat tertunda,akhirnya dapat dilaksanakan hari ini. Ini merupakan tindak lanjut dari post sebelumnya tentang bikin Kimbap. Pas hari minggu di Mu Gung Hwa market, selain beli bahan buat kimbap, gue juga ngebeli buat tteokbokki berdasarkan yang gue lihat dari tante YUUKtube XD : 1.Anchovy. Ini berguna buat bikin kaldunya. Karena gue enggak yakin gue bisa berhasil bikin kaldu dari ikannya langsung dan harga per gram mahal banget, gue memilih beli yang udah jadi bubuk kaldu(Lebih murah juga,hihi). 2. Rice cake( I think they call it 'tteok'). Di Mu Gung Hwa, tteok yang dijual tuh per gram dan  panjang2. Jadi kita harus potong sendiri biar jadi pendek-pendek. Anyway..Sumpah ya! Mahal Banget! Harusnya gue ga kaget sih,secara tteok enggak ngetrend amat di Jakarta. Tapi tetep aja itu membuat gue syok ngeliat satu bungkus kisarannya Rp 42.000,00 - Rp 60.000,00. Alhasil, gue nanya sama si Mas, "Mas, ini yang paling murah yang mana yah?" Si Mas langsung ngeliat bego + kasihan, terus akhirnya dia ngambilin yang paling tipis Rp. 39.000. 3. Fish cake(ya di sini bakso ikan paling ya). Untuk bahan pendukungnya,kayak Gochujjang, wortel,kubis,red pepper, gue beli di Farmers Market. Semuanya gue beli dengan ukuran yang paling kecil dan murah yang bisa gue temukan. Bahkan Red Pepper aja gue enggak beli yang Korea,cuma beli yang lokal punya. Bedanya jauh! Yang korea punya Rp61.000,oo(kantong gede gitu), yang lokal Rp.7000,00(botol lada pada umumnya kayak modelnya cap kupu-kupu itu lho). Jelas lha gue pilih yang lokal aja. Toh enggak butuh banyak-banyak amat.



dari kiri belakang(arah jarum jam): wortel,red pepper,gochujjang,cabbage &onion,dasoda(kaldu achovy),rice cake,fish cake

Cara ngebikinnya pun gampang banget: MASUKIN AJA SEMUANYA . haha


But seriously,it is as simple as that. Boil some water, then add the broth powder,the vegetables,cook it for a while,add 2(for spicy lover,you can add 3 or 4) tbs of gochujjang,then 2 tbs of red pepper,the fishcakes,than lastly add those rice cakes. At first , kuahnya bakal encer, tapi setelah dimasukin tteok, lama kelamaan kaldunya bakal kental sendiri,terus bersinar-sinar.



Before the rice cakes came in



Kuahnya jadi kental,terus bersinar-sinar..wohoo(lebai) XD

Rasanya?Hmmm,yummy. Well, at least for me. Karena bikin sendiri, gue bisa seenaknya masukkin red pepper n gochujjang sebanyak yang gue mau :D Jadi pedesnya pas banget sama gue( Selama ini belum menemukan yang pedesnya pas di lidah,as in kurang pedes hihi).


Of course, it's best serve while it's still hot. Jadi panasnya dapet, pedesnya dapet,dan tentu aja kelembutan rice cake-nya juga dapet. :D

No comments:

Post a Comment