Sunday, August 7, 2011

Joan Loves...The journey when she's trying to make kimbap

Ini adalah tindak lanjut dari pos gue sebelumnya tentang nyobain makanan korea. Akhir-akhir ini, kimbap n tteokboki udah kayak burger king buat gue. Kayaknya ada yang kurang kalo enggak makan  salah satunya tiap bulan. Setelah gue pikir-pikir lagi, rugi juga kalo gue tiap hari ke lime cafe(tempat andalan gue kalo pengen makan korea). Padahal dua hal itu sebenarnya jajanan yg di negara aslinya tuh murah or bisa dibikin sendiri. Jadi, kenapa enggak gue nyoba bikin sendiri.

Gue enggak akan ngebahas soal resepnya sih, tapi pengalaman ngebikin. Kalo soal resep sih,kalian bisa cari sendiri di google. Gue yang sangat amatiran ini juga cukup tahu diri akakaka

Petualangan gue pun dimulai dari jalan mondar-mandir di bagian korean food di Farmers Market. Sayangnya, di sana gue enggak menemukan hal-hal pendukung bikin kimbap,kecuali rumput laut sama gochujjang(chili paste). Terus, di bagian lain, gue hanya berhasil menemukan  timun jepang, pickled radish(tapi belum di beli gara-gara ragu), sama keju.

Belum puas, gue langsung bertanya pada mbah google dan jeng Youtube, apa aja yang dibutuhin dan kira-kira di mana gue bisa menemukan bahan-bahan lainnya. Terus pas sampai di Forum Lautan Indonesa( my username: JoanHimura), ada user yg bilang kalo Mu Gung Hwa itu ada supermarketnya di Kelapa Gading. Saat tahu hal itu, rasanya ada paduan suara HALELUYA di otak gue sambil diiringi orkestra dan lonceng gereja(hahaha,lebai!).

IYA JUGA YA!! Kan Kelapa Gading salah satu markas(kayak geng yakuza aja) komunitas Korea, pastinya adalah supermarket yang khusus nyediain kebutuhannya mereka.).

Dengan tekad yang membara, gue pun langsung menuju ke TKP menggunakan angkot kesayangan 30A . Berhenti kompleks ruko2 yg ada Balai Samudra,nyeberang MOI,terus jalan dikit, sampe deh di Plasa Pasifik(kompleks ruko tempat Mu Gung Hwa berada). Dengan tampang memelas gue pun nanya ke satpam,di mana letak supermarket itu berada.

Ternyata,hai ternyata, saat orang di forum bilang supermarket, maksudnya tuh mini market. Kenapa? Pokoknya secara interior enggak beda jauh sama Indomaret. Isinya aja yang 90% impor dari Korea. Di sana,kalian bisa nemuin berbagai macam ukuran kimchi( dari 120 gr - 2 kg), honey lemon, macem-macem anchovies,ricecake buat tteokboki,cemilan,dan macam-macam bumbu dasar yang dipake orang Korea buat masak deh. Oh,iya mereka juga ngejual sendok sama sumpitnya korea. Gue juga ngebeli sumpitnya. Satu pasang harganya Rp 11.000,00. Tp ada juga yang satu set buat sekeluarga gitu, harganya sekitar Rp425.000,00(kalo ga salah liat).

Sayangnya, mereka enggak nyediain tiker(gue ga tahu nama bagusnya apa. haha) penggulung sushi. Jadi, gue langsung ke Daisho di sogo MKG buat beli barang itu . In my defense, gue males ke Daisho MAG yg jauh lebih besar karena takut kalap. Sialnya,ternyata di Daisho MKG stok tikernya belum datang. Alhasil, gue membeli cetakan sushi. Well, mungkin emang cocok buat gue sih. Soalnya, gue kan sangat amatir. Entaran aja deh, gue beli tiker kalo udah jago. Kalo perlu,minta dibeliin sama cici gue yang lagi belajar di Jepang aja..haha

[caption id="attachment_227" align="aligncenter" width="490" caption="Bungkus cetakan sushi. @ Rp 27.000,00"][/caption]

Nah, saatnya membuat kimbap pun tiba ketika gue udah tiba di rumah. Saat itu juga,keajaiban kimbap terjadi. Gue yang selama ini paling males cuci piring, tiba-tiba jadi mencuci ulang semua panci ,piring,tempat bekal(buat nyimpen pickled radish pas udah dibuka) dan talenan. Long story short: setelah 1 jam, kimbap perdana pun jadi. Dan berikut bahan-bahan yg gue gunakan dan hasilnya:

Ingridients I use

Seperti yang sudah gue duga. Percobaan pertama tuh pasti enggak mungkin langsung berhasil. Namun, dari kegagalan itulah gue belajar beberapa hal:

1)Kalau kalian membuat kimbap dengan cetakan sushi,pastikan enggak terlalu dalam menggali lubang buat isinya. Soalnya,kalian akan mengalami kebodohan amatir yang sama kayak gue. Nah, cetakan yang gue beli itu terdiri dari 3 bagian:wadah,terus wadah buat nasinya,terus wadah penekan yang buat ngebentuk nasinya jadi bulat. Jadi pas mau ditutup pake cetakan terakhir, otomatis isi-isinya bakal kedorong sampai kepinggir seperti gambar di atas.

2) Seperti kata yang di pelem-pelem dan manga-manga.. It's all about the ingridients and the right tools. Nah, salah satu hal yang signifikan adalah GUNAKAN PISAU YANG TAJAM. Kebodohan yang gue alami adalah sulit buat motong gulungan kimbap menjadi rata karena nori-nya udah keburu nempel dan ga terlalu kering lagi. Setelah gue meminta bantuan mbak Iya buat ngasah pisau, eeh bener aja... 4 potongan terakhir tuh jadi lebih gampang dipotong dan sedikit lebih rapi.

3) Saat menggulung nasinya,bener-bener pastikan  kalau  dibungkus dengan sangat rata.Begitu jadi,mendingan langsung dipotong.

For updates of my KIMBAP JOURNEY, feel free to click this link : http://www.facebook.com/media/set/?set=a.2251732167358.126879.1069873026&type=1

No comments:

Post a Comment