Tuesday, January 24, 2012

Joan Loves.... her trip to Manado (1): Kain Bentenan

Salah satualasan yang membuat gue bangga menjadi seorang Indonesia adalah kebudayaan yang sungguh bervariasi yang dimiliki tiap daerah. Hal ini juga bisa dilihat pada motif-motif kain yang khas di tiap daerah. Misalnya nih, di Jawa terkenal dengan variasi kain Batiknya. Sementara itu di Manado khas akan KAIN BENTENAN.


Sejarah :


Kain tenun Bentenan merupakan kain karya Suku Minahasa yang sekitar abad ke-7 membuat busana dengan menggunakan bahan-bahan dari serat kulit kayu yang disebut fuya, diambil dari pohon lahendong dan pohon sawukouw, serta nenas serta pisang, disebut koffo dan serat bambu disebut wa’u.


Sekitar abad ke-15, orang Minahasa mulai menenun dengan benang katun dan hasil tenunan inilah yang dinamakan Kain Tenun Bentenan. Dari Desa Bentenan yang terletak di Pantai Timur Minahasa Selatan (distrik Pasan, Ratahan, Ponosakan dan Tonsawang) inilah, kain tenun Bentenan pertama. Ditemukan dan terakhir ditenun di daerah Ratahan pada tahun 1900.


Pada massanya, kain tenun Bentenan adalah salah satu kain yang sangat tinggi mutunya di dunia. Bukan saja karena teknik pembuatannya (bentuk kain lingkaran tanpa guntingan, sambungan kain dan menggunakan bel, lonceng kecil di sekeliling kain, sehingga disebut Pasolongan Rinegetan, namun juga karena di saat sebelum menenun dilaksanakan, ritual pujian kepada Tuhan Yang Maha Esa dilantunkan. (Source: http://ryanliwe.wordpress.com/2010/01/10/bentenan/)


Kain Betenan memiliki 7 Motif, antara lain: Kokerah, Ka’iwu Patola,Tinonton Mata,Tinompak Kuda.Pinatikan,Sinoi atau Sinei,Tonilama. Untuk penjelasan lebih lanjutnya, you can click here.


Pas di Manado, gue diajak tante gue ke KARYA KAREMA yang berada di JL.Ahmad Yani No. 8 khusus untuk beli kain bentenan. Kenapa harus di sini? Karena menurut Mama Grace, Karema ini termasuk produsen terbesar kain bentenan di Manado sekarang. Kain-kain yang dijual di toko souvenir atau yang udah jadi baju itu juga disuplai oleh Karema, tapi karena udah di toko souvenir, jatohnya bisa lebih mahal. Jadi,langsung ke pusatnya aja. Lebih lengkap,lebih banyak pilihan, dan lebih murah (kadang suka dikasih diskon kalau ngeborong XD). Lebih penting lagi, saking terkenalnya,kain dari Karya Karema ini  udah pernah dibawa ke pameran di USA dan juga sempat dipakai oleh Bapak Presiden SBY. Enggak percaya? Kunjungi aja Rumah Modenya.  hehehe




Karya Karema menyediakan beberapa jenis kain,yaitu :


1. Bentenan original pattern weaving cloth.



 Teksturnya kayak kain NTT. Karena ini merupakan Kain tenun,so pasti harganya mahal banget. Harga dibuka dari Rp 1jutaan. Misalnya,untuk kain tenun yang akan dijadikan sarung,harganya bisa mencapai Rp. 1,4 JUTA.. wow!


2. Bunaken Sea Garden, Coelacanth, and Taman Laut Bunaken Bentenan printed fabric.




Naaah,jenis ini yang paling sering dipunyai orang,termasuk gue. Kalo gue, ya karena harganya yang udah paling terjangkau, dimulai dari Rp 75.000,00/meter. Meskipun murah,bukan berarti motifnya enggak seru :)


Tahun ini, Karema ngeluarin motif baru lagi.


Honestly, gue suka banget sama yang motif baru ini. Saking sukanya, akhirnya gue dibeliin satu  jenis yang unyu. Makasih, Mama Grace!!!



3. Bentenan Silk pattern cloth.




Jujur ya,the first time I saw this type, kayaknya gue udah mupeng semupeng-mupengnya. Kainnya halus,mengkilat, dan motifnya juga lucu. MAAAAR, depe harga e dodo e, pe mahal skali do'ce, Rp 650.000,00. Baiklah saya bertekad, kalau udah kaya, gue harus punya minimal 1 baju yang terbuat dari jenis kain ini!!!


4. Bentenan Chiffon pattern cloth.



Nah kalau yang ini sedikit lebih murah dari kain sutranya. Harga dimulai dari Rp. 380.000,00/ meter...


Kenapa gue suka Kain Bentenan?


Haha,yang jelas sih karena kain ini membuat gue bangga jadi orang Manado. Gue juga suka banget sama motif-motifnya. Kalau batik  Solo itu kan kesannya elegan dan warna-warna kainnya lebih banyak yang kalem (jangan salah, gue juga suka banget sama batik kok,apalagi motif yang parang  XD  Cool abis). Nah, kalau kain bentenan,somehow bener-bener mewakilkan orang Manado: fun, bold, dan cerah ceria. hahaha.


Inga ne, kalo bapasiar pi Manado, jangan lupa bli Kain Bentenan XD


PS: cuma sempet foto beberapa... Well, motif-motif favorit gue aja sih yang difoto XD

No comments:

Post a Comment