Tuesday, January 24, 2012

Joan Loves.... her trip to Manado (2): Diets starts....kayaknya enggak mulai-mulai

Kayaknya enggak ke Manado namanya, kalo di sana enggak wisata kuliner.Selama di Manado dih selalu berkunjung ke tempat halal, secara tante gue juga enggak suka makan b2. Gue sih asik-asik aja karena gue sendiri juga lagi enggak mau babi (Yah, salahkan Earthlings lha, kalo sekarang gue jadi enggak tega makan babi) Lagian perut juga udah  buncit, enggak perlu ditambahin buncit kan ya...

Seperti biasa, gue salah? Hah? Ke Manado enggak tambah gendut dan enggak kalap makan????!!! YA ENGGAK MUNGKIN LHA!!!!

There are so many things I love about Manado Cuisine. First, adalah ikan. Ikan-ikannya tuh fresh banget sehingga menambah kenikmatan pas lagi makan.  Second, adalah ricanya. Waduh. Sebut deh: mau Rica tore, rica lilang, rica roa,rica bakasang, behhhh,bikin kalap banget!! Pedesnya tuh PEDEEEES BANGET!! XD. Third, adalah es kacang merahnya yang manis,lembut,dan crunchy itu. Fourth, jajanan khasnya tuh nendang lha XD.

Pokoknya,kalo udah menyangkut hal-hal di atas, udahlah!yuk dadah bye bye,diet!

Mari kita langsung ke tempat-tempat  yang tahun ini telah berhasil membuat gue kalap makan (penomoran bukan  berdasarkan tingkat enaknya):

1. Danau Tondano Restaurant, URONGO

Terletak di tepi Danau Tondano menjadikan tempat ini paaaaaas banget muat menikmati pemandangan sambil makan. Sayangnya, waktu gue ke sana, lagi hujan. Jadi kabutnya tebal,terus anginnya BRRRRR,dingin gila!!! XD



YANG ENAK: NIKE goreng dan bakwan Jagungnya jempolan banget. Kalo soal masakan ikannya dijamin FRESH,karena langsung ditangkap di pond pribadi mereka. Salah satu yang menurut gue surprisingly delicious adalah menu NIKE WOKU. Meskipun ini dari ikan-ikan kecil,rasanya malah kayak sayur bunga pepaya gitu(pasti gara-gara bumbunya!). Sambalnya?!!! Pedes yang nyakitin perut,tapi bikin lidah ketagihan. xixixixi

[caption id="" align="alignnone" width="960" caption="Fresh from the lake... halah,jo! XD"][/caption]



[caption id="" align="alignnone" width="960" caption="Nike Woku"][/caption]

Makanan-makanannya dijamin enak deh. Terbukti dari ramainya tempat ini kalau mulai jam makan siang.

2. Wahaha Restaurant, di Boulevard.Basically sih cuma tipikal restoran chinese food dan sea food.





(+)Makanannya enak. Gue paling suka sama Brokoli cah Ayam dan Kangkung cahnya. Ada panggung buat karaokean yang diiringi oleh organ tunggal.Kalo enggak ada yang karaoke, si pemain organ lah yang menyanyi. Damn! He has one good voice,kayak si Sammy Simorangkir (minus ekspresi memelas/desperado. Sorry, para fansnya Sammy.). Kenapa enggak ikutan Indonesian Idol aja,mas?

(-)Sayangnya, sedih amat hidup gue. Pesen makanan sebanyak apa, cuma dikasih sambal lilang sama sambal biasa dalam bentuk dua piring kecil :(



3. Dego-dego cafe, di Wakeke. Kalau mau wisata tinutuan (Bubur Manado),kayaknya udah hukumnya harus ke Wakeke. Di sepanjang gang JL. Wakeke,berderet restoran-restoran Tinutuan. Salah satunya, Dego Dego Cafe ini :)





(+) Tinutuannya enaaak; Nike gorengnya lumayan tebel,tapi tetap crunchy; Ada live music kolintang yang akan mengiringi kita makan; Tersedia wi-fi



4. Rumah Kopi Gembira, Kawangkoan



Kalau ke Kawangkoan,harus nyobain yang namanya biapong(bakpau) sama kopi susunya. Pertama kali gue nyobain kopi Kawangkoan itu adalah saat duluuuu banget ada Sulut Expo di Jakarta.Begitu minum langsung,jatuh cinta. Rasanya beda aja. Menurut gue pribadi sih,lebih mantapan  kopi Kawangkoan dibandin Starbucks.

Ternyata,hai,ternyata, stand Kopi Kawangkoan itu didatangkan dari  Rumah Kopi Gembira ini. Langsunglah begitu sampai di Tomohon,langsung excited pas ke tempat ini. Oh iya,Biapongnya juga enak banget. Kalo yang ga suka babi, tersedia juga kok biapong temo(alian biapong kacang hijau). Duuh,kalo gue enggak lagi ngurangin makan babi ya, gue udah mesen 1 biapong ba, terus biapongnya dicelupin ke kopi susu. Behh, mantab XD.

Kalau yang enggak suka biapong, coba jo, depe roti bakar. Rotinya tebel,puas lha!



Oh iya,biapong di sini juga bisa dibeli buat dibawa buat oleh-oleh. Biasanya mereka akan ngasih biapong dingin biar nggak cepet basi. Baru deh pas udah di rumah dikukus sendiri

5. Raja Oci, di seberang Swissbel-hotel Maleosan.

Oci? apa itu OCI?Pasti enggak tahu deh..Enggak apa-apa, awalnya juga gue enggak tahu. Selidik punya selidik, Ikan Oci itu adalah kakaknya ikan Tude. Penampilan dan rasa mirip sama Ikan Tude, tapi ukurannya lebih besar. Dengan kata lain, lebih mantap lah kalau makan. hahaha

Kita ke tempat ini karena dari dulu tante gue udah kepingin ke restoran miliki temennya itu,tapi enggak pernah kesampaian. Akhirnya tahun ini  kesampaian juga. Dan ternyata memang enak :D



[caption id="" align="alignnone" width="960" caption="Oci Kuah Asam. Kuahnya enak karena asemnya pas :D"][/caption]

6. Rumah Es Miangas. Tempat ini menjual jajanan khas Manado,dari es kacang,lumpia, rujak,lalampa,dll. Di sini gue nyobain es kacang merah. Jujur, dibanding Dego-dego cafe, gue lebih suka es kacang di sini :)

However,kayaknya gue keseringan makan es kacang buatan mamanya K'Steven deh kalau di Kelapa Gading. Gue merasa es kacang mamanya K'Steven udah paling the best sepanjang sejarah per-"es kacang"-an gue.

7. Kawan Baru,di kawasan Mega Mas

Ini salah satu tempat sepertinya sering dikunjung artis-artis Jakarta,mulai dari Project Pop sampai Peter Pen. Tante gue sih udah tahu tempat ini udah lama banget. Katanya sih, lumpianya tuh enggak ada yang nandingin.



[caption id="" align="alignnone" width="960" caption="Wall of Fame"][/caption]

(+) Lumpianya enaaaak XD





(-) Lumpianya aja yang enak. Sisanya sih biasa banget :(

8. Ria-rio Cafe.

This is another sea food restaurant khas Manado. Selain makanannya yang enak,  yang gue suka dari tempat ini adalah suasananya. Restorannya langsung berbatasan sama laut, terus dekorasinya campuran antara dek kapal sama dermaga gitu :). Paling seru kalo ke sini saat malam-malam karena kita bisa melihat kerlap-kerlip cahaya perahu nelayan, dari restoran di sebelahnya, dan perumahan pinggir pantainya.



9. Tikalawa & Tjie Mei,yang harus dicoba di sini adalah pisang gorengnya.. Di tempat yang pertamapisng gorengnya dipotong tipis-tipis sehingga pas digoreng jadi garing gitu dan sambalnya enak. Terus kalo yang pisang goreng dan sambal bakasang paling enak  di MANADO itu sih menurut gue udah di Tjie Mei. Sambal bakasangnya the best!! XD

10. Rumah Oma



Terletak di kompleks perumahan di Bumi Beringin, tempat ini juga sumbernya bikin orang gendut. Ya,tak lain dan tak bukan adalah rumah oma gue sendiri. Tante Neni itu kalau bikin ikan pe sadap skali do'e, apalagi depe rica. Odooo,pe pediiis ,maar sadap. Enggak heran kalau setiap kali gue ke rumah oma di sini,selalu deh kalaaap! ahahahaha XD

No comments:

Post a Comment