Thursday, October 20, 2011

Joan Loves.... Susu Kedelai

Selain soyjoy, I also have a thing for soy milk.



Awalnya gue yang kebiasaan minum susu sapi agak terlalu suka sama susu kedelai. Bahkan gue bingung kenapa kakak gue demen banget beli vitamilk. Tapi semuanya berubah ketika Mba' Iya,si asisten rumah tangga kesayangan keluarga, ngebikin susu kedelai. Susu kedelai bikinan dia itu ueeenaaak tenan. Semenjak saat itu,  gue mulai menyukai susu kedelai.

Akhir-akhir ini , berhubung bodi yang mulai membengkak (baca: GENDUT) , gue iseng ngikutin diet berdasarkan golongan darah. Salah satunya, golongan darah O itu enggak cocok mengonsumsi dairy product, including cow milk, cheese, and  yoghurt,my fav not so guilty pleasure. Sebaga pengganti dairy product, katanya sih mendingan diganti sama susu kedelai.

Bokap gue rada freak out karena gue bilang gue mau minum susu kedelai aja mulai sekarang. Katanya takut gue sakit lagi dan susu kedelai itu kandungannya lebih sedikit dariada susu sapi. Well, he's just saying that because he haven't read what I read about soy facts.

Here are some fun facts I read from soyjoy web:

Pertama, Dibandingkan dengan susu nonfat, kandungan protein kedelai dua kali lebih banyak.

Kedua, Dibandingkan dengan secangkir brokoli segar, setengah cangkir kedelai memiliki kalsium lebih banyak, penjelasannya kurang lebih, brokoli 62 Mg sedangkan kedelai 88 mg.

Ketiga, Tahukah Anda kedelai utuh memiliki serat, zat besi dan pottasium lebih banyak dibandingkan ayam.

Keempat, Serat, priteun dan vitamin K dalam kedelai utuh lebih banyak dibandingkan oatmeal atau sejenis sereal.

Kelima, Dibandingkan dengan roti gandum, jumlah seratnya sama banyak dan uniknya kedelai utuh konon memiliki lebih banyak zat besi, antioksidan, dan potasium.

Keenam, Kandungan potasiumnya sama seperti pisang, hanya saja memiliki kelebihan dengan dilengkapi dengan protein, serat dan zat besi.

Ketujuh, Serat, kalsium, zat besi dan magnesium yang terkandung dalam ikan salmon masih lebih rendah dibandingkan dengan kedelai utuh.

Nah, USDA (departemen agrikulturnya USA) melakukan perbandingan antara susu kedelai dan susu sapi biasa. Hasilnya:

Nutrients in 8 ounces (250 ml) of plain soymilk:









































































Regular SoymilkLite Soymilk (reduced fat)Whole cow milkFat-free cow milk
Calories (kcal)907014983
Protein (g)10.04.07.78.3
Fat (g)4.02.08.00.2
Carbohydrate (g)14.016.011.712.2
Lactose (g)0.00.011.012.5
Sodium (mg)120100105103
Iron (mg)1.80.60.070.07
Riboflavin (mg)0.111.00.4120.446
Calcium (mg)80.080.0276299

Another fun facts that I found out about soy milk:

Dilihat dari nilai gizinya, susu kedelai tidak kalah dari susu sapi. Karena itu, susu kedelai dapat digunakan sebagai pengganti susu sapi. Konsumsi dua gelas susu kedelai sudah dapat memenuhi 30 persen dari kebutuhan protein setiap harinya. Dalam 100 gram susu kedelai cair terkandung protein sebanyak 3,5 gram, sedangkan pada susu sapi hanya 3,2 gram per 100 gramnya.

Mutu protein susu kedelai pun tidak kalah dari susu sapi. Mutu protein susu kedelai dalam bentuk makanan tunggal adalah 80 persen dari mutu protein susu sapi. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai PER (protein eficiency ratio) susu kedelai yang tidak jauh berbeda dengan susu sapi.

Nilai PER susu kedelai 2,3, sedangkan susu sapi 2,5. Nilai PER 2,3 artinya dari setiap gram protein yang dikonsumsi akan menghasilkan pertambahan berat badan sebanyak 2,3 gram pada kondisi percobaan baku (biasanya dilakukan dengan hewan percobaan). Nilai PER yang semakin tinggi menunjukkan mutu protein yang semakin baik.

Asam-asam amino esensial di dalam susu kedelai terdapat pada komposisi yang hampir lengkap dan serasi. Dibandingkan dengan susu sapi, komposisi asam amino dalam protein susu kedelai hanya kurang dalam hal metionin dan sistein. Keunggulan utama dari susu kedelai adalah memiliki asam amino lisin  yang cukup tinggi. Dengan demikian, susu kedelai dapat digunakan untuk meningkatkan nilai gizi protein dari nasi dan makanan sereal lainnya.

Tidak Membuat Gemuk Susu kedelai baik untuk mereka yang ingin berdiet, tetapi tetap memasok kebutuhan protein dalam jumlah yang cukup. Salah satu kelebihan susu kedelai dibandingkan dengan susu sapi adalah kandungan lemaknya yang rendah.

Lemak pada susu kedelai tidak dapat menyebabkan kegemukan karena sebagian besar berada dalam bentuk asam lemak tidak jenuh. Sementara itu, lemak pada susu sapi adalah lemak hewani yang berpotensi menyebabkan badan jadi melar karena mengandung asam lemak jenuh cukup tinggi. Keunggulan lainnya, susu kedelai tidak mengandung kolesterol.

Meskipun susu kedelai mengandung karbohidrat yang cukup baik, hanya 12-14 persen yang dapat digunakan tubuh secara biologis. Karbohidratnya terdiri atas golongan oligosakarida dan golongan polisakarida. Golongan oligosakarida terdiri dari stakiosa dan raffinosa yang larut dalam air, sedangkan golongan polisakarida terdiri dari erabinogalaktan dan bahan-bahan selulosa yang tidak larut dalam air, serta tidak dapat dicerna.

Secara umum susu kedelai mempunyai kandungan vitamin yang baik, terutama A dan B kompleks, kecuali vitamin B12. Vitamin lain yang terkandung dalam jumlah yang cukup banyak adalah vitamin E dan K. Tidak salah bila selama ini banyak orang yang berpendapat bahwa minum susu kedelai dapat membuat tubuh awet muda. Vitamin E dan A merupakan antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini. @ Prof DR Made Astawan Ahli Teknologi Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor 

To sum up, Soy MILK is good for you. It has great taste dan juga punya kandungan kalsium dan protein yang lebih dibanding susu sapi biasa. So for those who can't drink dairy product or in a diet but you have to drink milk because you need its protein, calcium, and so on, you definitely have to give a try to soy milk.

PS: once you open the milk container, make sure you keep the milk in the fridge. Otherwise, susunya bakal mengeras dan lo mendapatkan sebuat adonan tahu.

sources: kompas, http://today.co.id/read/2011/04/13/24547/fakta_unik_tentang_kedelai_yang_terlupakan,wikipedia.

No comments:

Post a Comment