Sunday, October 23, 2011

Joan Loves.... Usagi Drops

Di tengah gelombang Hallyu,kegalauan Metropop, kemunculan boy-girlband wanna be yang pengen ngikutin Korean idol,  gue  malah merindukan anime-anime Indonesa dub (yang dulu gue hina-hina gara-gara di dubbing,padahal bagusan seiyuu aslinya) yang dulu marak di TV,tapi sekarang udah langka banget. Heran 'kan? Orang yang dari kemaren ngepostnya buku metropop, boyband korea,tv series sama makanan korea ini kok tiba-tiba malah ngebahas anime. Yah, mau bagaimana lagi? Sebelum Hallyu  ada, gue itu otaku, demen cosplay,dan dengernya jejepangan mulu, bahkan gue meremehkan artis2 Korea yang 'plastik'. Setelah gue mengenal Korean wave aja, selera gue makin bertambah dan sedihnya gue malah makin jarang nonton anime.


Oke kembali ke cerita. Saking rindunya, akhirnya gue mulai deh masuk ke youtube dan mencari link Hunter x Hunter Indonesia dub. Dari hasil ngesearch juga, gue mendapatkan informasi bahwa HunterxHunter dibuat versi 2011. Jadilah gue mencari link buat nonton yang versi 2011 aja.


Terus apa hubungannya sama Usagi Drops?


Yeah,karena gue enggak merasa Hunter x Hunter yang versi baru ngebosenin, dari web yang sama gue mencari anime-anime lain yang mungkin menarik buat ditonton. Pilihan gue randomly jatuh pada anime Usagi Drop.



Synopsis


Going home from his grandfather's funeral, thirty-year-old Daikichi is floored to discover that the old man had an illegitimate child with a younger lover. The rest of his family is equally shocked and embarrassed by this surprise development, and not one of them wants anything to do with the silent little girl, Rin Kaga. In a fit of anger, Daikichi decides to take her in himself. As Daikichi nurtures Rin, he started to understand the struggle while at the same time the joy of parenting.


My thought


 Awalnya gue rada curiga bakalan ada semacam fan service saking cho-kawaii Si RIN-chan ini(harap maklum, belum baca manganya) Tahu sendirilah how bad and smut an otaku can be when it comes to kawaii girl. Ternyata enggak lho karena Usagi Drop ini berkategorikan comedy,slice of life,drama,josei dan enggak ada smut-smutnya.


Dari segi cerita, ini menyentuh banget. Gue belum sampai selesai sih nontonnya. Namun dari 8 episode yang udah ditonton, gue belum kecewa-kecewa banget. Emang sih ini bukan anime yang penontonnya akan dibikin ketawa sampai ngakak seperti kita nonton Hachimitsu to Clover. Gue sendiri ketawa karena adegan-adegan simple karena kepolosan si Rin dan Daikichi yang masih kagok jadi seorang 'ayah'. Gue enggak tahu apa pastinya, meskipun anime ini enggak punya alur cerita yang turun naik alias rada datar, tapi berhasil membuat gue wanting for more episodes. Oh iya, kalau kebanyakan anime  menampilan preview episode selanjutnya di setiap akhir episode, Usagi Drop menampilkan1 scene tambahan tentang kehidupan Rin-Daikichi. XD




[caption id="attachment_740" align="alignnone" width="529" caption="Daikichi nganterin Rin di hari pertama sekolah XD"][/caption]

Dari segi tokohnya,gue paling kagum sama Daikichi yang dengan beraninya mau mengambil Rin untuk dirawat karena enggak ada anggota keluarga lain yang mau. Dia bahkan mau berkorban untuk minta pekerjaan yang less demanding supaya bisa meluangkan waktu buat ngejemput Rin dari tempat penitipan anak.  Yang bikin gue gemes lagi adalah dia yang enggak memaksa ibu kandung Rin untuk langsung ketemu sama Rin atau memaksa kembali ke anaknya. Justru dia hanya bilang, at least liat si Rin walaupun cuma diam-diam.


About RIN? Let's just say gue kagum sama seiyuunya yang berhasil membuat Rin terdengar cute dan sangat anak-anak, tapi enggak terdengar terlalu kawaii melengkin sampai mau dicekik. Dari sifatnya sendiri, yah tipikal anak-anak lha. Bedanya, dia enggak nyebelin khas anak-anak. Suka ngambek sih, tapi itu yang bikin ngegemesin.


Dari segi artwork anime, Usagi Drop menggunakan warna-warna yang soft. Garis-garis outlinenya juga enggak bold. Menurut gue ini menambah kesan heartwarming yang diusung plot ceritanya. Untuk background scenenya dipakai kayak lukisan cat air gitu dan gue suka karena kesannya damai aja saat gue lagi menonton anime ini.




[caption id="attachment_739" align="alignnone" width="529" caption="Rin"][/caption]

The soundtrack was just as outstanding as the art. The OP, Sweet Drops by Puffy, sets the show off on a delightful and cheery note that that continues right the way through to the ED, High High High by Kasarinchu. Gue sih paling suka sama Openingnya.


To sum up, I definitely reccomend this anime. It has cute artwork and of course heartwarming story about "father-daughter" relationship thought she's not his child. And it make me more grateful for the parents I have who's given so much  for my sisters and I.


opening song:







ending song:







terus ada juga, versi live actionnya. Yang main si Matsuyama Kenichi, lagi!!!DAMN pengen banget nonton yang ini, tapi belum ada di mana-mana T___T






No comments:

Post a Comment