Monday, November 7, 2011

Joan Loves.... being a slide operator

Saat anak-anak angkatan gue yang lain punya pekerjaan sampingan di konsultan interior or guru piano, gue punya kerjaan sampingan sejak tahun lalu : jadi slide operator di gereja gue.

Yah semuanya berawal dari renovasi gedung gereja gue dan  sekarang gereja gue ada balkonnya. Sayangnya, cuma orang-orang yang duduk di barisan depan yang bisa kelihatan mimbar di bawah. Alhasil, selain sound system,  ditambahkanlah TV dan kamera buat memaksimalkan kegiatan di gereja.

[caption id="attachment_901" align="aligncenter" width="529" caption="lagi nge-cek sound pas gladibersih acara buat natalan"][/caption]



Secara sukarela, gue ikutan jadi tim slide karena menurut gue kayaknya lucu aja mengutak-atik slide. Gue pun mengajukan diri ke @hulkio buat jadi anggota. Dengan briefing singkat dari si koko, resmilah gue jadi anggota tim.

Operator slide itu ngapain aja? Kerja utamanya ada dua: bikin tata ibadah dan nampilin ke layar dan tv biar yang enggak kebagian tata ibadah juga bisa ikutan nyanyi atau yang di balkon bisa ngeliat pendetanya khotbah.

Well, ternyata enggak segampang yang gue kira.

Waktu pertama kali jadi operator, gue OFF banget pengaturan waktu pergantian lirik lagu di slide. Suka terlambat beberapa detik sampai gue ditegor berkali-kali sama majelis.  Untungnya sih setelah beberapa bulan, kemampuan gue jadi mendingan dan udah lancar.

Jadi operator means bener-bener mesti  TELITI BANGET, terutama waktu ngetikin tata ibadah. Salah ketik sehuruf aja, itu mengganggu yang baca lho.  Ujung-ujungnya ditegor lagi.

Terus, kita juga harus selalu konsentrasi . Yup, konsentrasi gue kebagi dua antara komputer dan kamera. Jadi harus kapan pindah tampilan dari slide ke kamera atau dari kamera 1 ke kamera 2.  Bengong sedikit aja.. yah gitu deeeh,jadi telat-telat dan berujung teguran lagi  hahaha

The upside being an operator:

-nambah pengalaman aja. Lumayan juga, gue sekalian belajar sound system dari anak-anak sound. xixixixixi

-It's a fun thing to do.  Hal yang paling gue suka adalah kalau bisa bertugas pas lagi pemberkatan nikah seseorang karena bisa masang gambar-gambar yang romantis. Bawaanya jadi pingin bikin playlist buat nikahan gue nanti. halah

-bisa tahu apa aja yang terjadi di gereja pas di tengah ibadah or acara. Karena kita yang pegang kontrol kamerany, kita jadi tahu apa yang terjadi pas lagi resepsi nikahan, atau siapa yang lagi tidur/ngobrol pas khotbah, atau yang jadi favorit cowok-cowok di operator room :ngecek ada yang cantik apa enggak.  Untuk bagian yang ini enggak gue lakukan, secara gue juga enggak suka sama cewek. Nyari cowok? Di tempat gue enggak ada yang ganteng.. banyakan cewek-cewek cantiknya (termasuk gue :P) Again, kalo pas pemberkatan nikah tuh gue puas banget ber"ooh so sweet ria" karena bisa mengclose-up pake kamera pas mereka lagi saling memasangkan cincin or saying vow to each other...awww

[caption id="" align="aligncenter" width="529" caption="Saat-saat favorit gue: pemberkatan nikah"][/caption]

-Orang-orang di multimedia suka galau dan bisa menghilangkan kebosanan. Kalau misalnya warta jemaatnya kelamaan atau lagi ada acara yang pidatonya LAMAAAAA banget,mulailah temen-temen gue jadi labil. Enggak jadi bete deh gue nungguin pidatonya selesai. Atau pas harus keluar terakhir karena nungguin ruang kosong biar bisa matiin mesin. Jadi sambil nungguin ruangan kosong, foto-foto dulu lah ;p

[caption id="attachment_898" align="aligncenter" width="529" caption="ini bukan OB lho. dia temen gue,@sliffumboh (sound operator) yang gilanya kambuh terus tiba-tiba mau berpose kayak gitu pas di foto"][/caption]

[caption id="attachment_899" align="aligncenter" width="529" caption="Koordinator tim multimedia gue, @hulkijo"][/caption]

[caption id="attachment_902" align="aligncenter" width="480" caption="paling kiri: pianis(sendy) yang ngungsi ke ruang operator.-gue yang iseng ke ruang operator-@zipipie yang lagi tugas"][/caption]

[caption id="attachment_903" align="aligncenter" width="529" caption="ngiseng setelah ada acara pengucapan syukuy selesai..main-main dulu di ruang operator sampai semua jemaatnya naik ke atas buat makan-makan dan bisa matiin komputer."][/caption]

The downside:

-tata ibadahnya tiba-tiba berubah. Kadang-kadang tata ibadah yang dikasih di hari sebelumnya dan di hari ibadah tiba-tiba berubah. Nah,  biasanya operator kan ngetiknya pas sehari sebelum ibadah. Gue langsung paniklah kalo keesokannya ada perubahan lagu, apalagi kalo lagunya ada beberapa bait dan belum ada di database. Ketik mode onnnn

[caption id="attachment_897" align="aligncenter" width="529" caption="Kalo lagi ngecekin tata ibadah terutama pas ada yang berubah.."][/caption]

-Kameranya suka ngambek.  Di tempat gue, controler kameranya doyan ngambek. Tiba-tiba aja dia enggak mau gerak. Itu artinya harus direset ulang. Kan panik juga pas harusnya udah pindah kamera,tapi kameranya enggak mau gerak atau zoom in(out). Apalagi kalau lagi pas pemberkatan nikah atau acara di luar ibadah umum. Jadi enggak enak sama para tamunya.

-Kalo lagi enggak teliti, langsung ditegur sama majelis-majelisnya.  Mereka tuh memantau kayak elang mantau mangsanya banget.  Makanya harus serba hati-hati :'S

Dulu, yang jadi slide operator cuma dikit. Untung sekarang banyak yang tertarik jadi gue enggak sendirian jadi cewek di tim multimedia. Sekarang ada @zipipie dan @dvbulan yang masuk jadi tim slide. yay!!!!

However, namanya juga pelayanan. Mau senang,mau susah, Harus tetap senang kalau melayani, apalagi ini buat Tuhan juga :D.

No comments:

Post a Comment