Thursday, November 17, 2011

Joan Loves.... "God Help The Outcasts"

Saat lagi tidur-tiduran di sofa sambil gonta-ganti channel, pilihan gue jatuh ke Fox Family Movies yang sedang memutar Disney's The Hunchback of the Notre Dame karena selama ini selalu sepenggal-sepenggal nontonnya.


Walaupun pada akhirnya Quasimodo enggak jadian sama Esmeralda (huhuhu, sayang sekali padahal Quasimodo baik), ada satu scene yang paling mengena di hati gue. That scene adalah saat Esmeralda menyanyikan lagu "God help the outcast" . In the movie, Esmeralda is walking through Notre Dame where she has just claimed sanctuary. She is a gypsy, and this group was persecuted by officialdom at the time of the story. Regular churchgoers are praying as well. Her song goes to an icon of the Virgin Mary and the Baby Jesus(sumber:here). Ia juga sedih melihat perlakuan masyarakat kepada kaum gipsi dan orang seperti Quasimodo just because they're different.







The Lyrics


ESMERELDA:
I don't know if You can hear me
Or if You're even there
I don't know if You would listen
To a gypsy's prayer
Yes, I know I'm just an outcast
I shouldn't speak to you
Still I see Your face and wonder
Were You once an outcast too?


God help the outcasts
Hungry from birth
Show them the mercy
They don't find on Earth
God help my people
We look to you still
God help the outcasts
Or nobody will


Parishioners:
I ask for wealth, I ask for fame
I ask for glory to shine on my name
I ask for love, I can possess
I ask for God and His angels to bless me


ESMERELDA:
I ask for nothing
I can get by
But I know so many
Less lucky than I
Please help my people
The poor and downtrod
I thought we all were
The children of God


God help the outcasts
Children of God


-----------------------------------------------------------------------------------------------


 Liriknya bagus dan berhasil membuat gue merinding, bahkan mau nangis

Satu lagi hal yang menarik dari lagu ini, Ini sedikit mirip sama cerita perumpamaan Orang Samaria(Lukas 10:25-37). Bedanya kalau di film ini terletak pada isi doa yang diucapkan.  Saat para jemaat gerejanya berdoa untuk meminta kekayaan duniawi, cinta,kekuasaan, Esmeralda yang kaum gipsi malah meminta Tuhan membantu kaum miskin dan tertindas, hal yang seharusnya lebih 'normal' terdengar didoakan sama jemaat itu.

Lagu  dan scene ini  juga mengingatkan gue. Kadang-kadang tanpa kita sadar, kita hanya berdoa untuk kepentingan diri kita sendiri. Kita lupa bahwa di luar sana masih banyak orang yang tidak seberuntung kita dan membutuhkan bantuan.  Seharusnya kita mendoakan dan membantu orang-orang tersebut.

Hal lain yang mengena di hati gue adalah kalimat " I thought we all were the children of God." Itu juga mengingatkan bahwa mau apapun latar belakang kita, kita adalah anak-anak Tuhan. Artinya, enggak hanya saling membantu, kita juga jangan memperlakukan orang secara tidak adil hanya karena mereka berbeda dari kita.

In the end, maybe I could sum up to this conclusion: Show and share the love God has given to us to others,too,guys. After all, we all are the children of God :)

No comments:

Post a Comment