Tuesday, November 15, 2011

Joan loves.... to give a support for these Indonesian boybands and girlbands

As y'all know, akhir-akhir ini makin banyak idol group bertebaran di Indonesia. Saking gencarnya sampai sctv pun membuat program I-pop dan audisi mencari boyband dan girlband.


Sebenarnya gue enggak punya masalah sih kalau ada banyak idol group bermunculan di Indonesia. Itu 'kan berarti hallyu emang semakin diterima di sini,sampai banyak bermunculan gitu. Coba dulu. Kalo gue ngomongin soal super junior, beeeh! dianggap freak gue. Sekarang? Lihat deh derings atau siaranpaginya Cici Panda di Prambors,itu cuma beberapa program lokal yang mulai menyisipkan korner Kpop.


Sayangnya, kalau yang gue lihat sekarang cuma sedikit yang dibikin dengan niat. Kebanyakan dibikin asal jadi aja, alias hanya memenuhi kebutuhan pasar, alias ingin mengambil keuntungan saat boyband dan girlband kembali booming di Indonesia.


Beda banget sama idol group di Korea or Jepang. Sebelum bisa menjadi seterkenal sekarang, mereka harus bertahun-tahun menjadi TRAINEE. Misalnya di Korea,Big Bang itu dulunya cuma jadi penari latarnya Se7en. Anggotanya Dalmatian mesti dikerjain dulu sama managernya,sampe ngejar-ngejar Aoi Sora pake kemeja totol-totol hanya supaya mereka satu frame sama Aoi dan jadi dipertanyakan sama netizens, "Who's that boy?"




[caption id="" align="alignnone" width="491" caption="Dari-oppa berjas totol-totol satu frame sama aoi sore so that their band could get recognition from netizens ... Semangat, Dalmatian !!!"][/caption]

 Untuk contoh di Jepang, ya anak-anak Johnny's Entertainment. Emang sih mereka tuh norak banget kalo tampil. Setiap ada satu grup yang nyanyi,kita akan sangat sering melihat penari latarnya BANYAK banget dengan koreo yang rada *ehm*melambai. But,you have to admit it, mereka selalu tampil dengan koreografi yang kompak, full of energy, dan enggak pernah ngos-ngosan . Kok bisa? Kita kembali ke penari latar grupnya yang buanyaak itu. Penari-penari cilik itu adalah trainee juga. Mereka udah masuk Johnny's sejak SD,mendapatkan pelatihan  untuk jadi idol,menjadi penari latar grup selevel Kat-tun, Arashi,dan grup keluaran Johnny's lainnya sampai akhirnya mereka diseleksi dan dibentuk menjadi idol grup yang baru.




[caption id="attachment_1066" align="aligncenter" width="361" caption="yang jadi backup dancer News, ya trainee dari Johnny's Jr. Yang nyanyi cuma 6 orang,dancernya Banyak banget!!!"][/caption]

Jadi wajar dong kalo gue rada kesel ngeliat ido group asal jadi  yang ada di Indonesia? Ngikut-ngikut sih boleh aja. Asal kemampuanya minimal sebagus,kalo perlu melebihi yang udah ada. Lha ini? Nyanyi keseringan lipsnyc. Sekalinya nyanyi live, dancenya berantakan, nyanyi juga ngos-ngosan. Jangankan live, nyanyi lipsync aja,dancenya masih enggak bener,baik itu kurang energi atau berantakan.


Syukurlah ada beberapa boyband dan girlband yang masih mending lhan performance, alias keliatan well-prepared dari segi suara dan dancenya. They would be:


1) Maskara



They have unique style and great choreography. Enggak cuma itu aja lagu dan suara mereka enak banget didenger. Group ini mengadaptasi dari gayanya Spice Girls. However, mereka nginetin gue sama 2ne1 dan Danity Kane karena they give the vibe "you don't have to be cute or act aegyo to form a girl band". Single Pertama mereka berjudul, "Boy". Like I said before, lagunya sangat easy listening. Terutama bagian reff sama bridgenya, "we go up and down left to the right and shake it down, hey boy hello let me see you drop it low". Buat mv-nya sendiri,menurut gue adalah yang paling keren dibandingkan girlband lain.







2. Kilau



Pertama kali gue melihat mereka di Dahsyat.  Karena mereka awalnya adalah group dance, choreography mereka adalah salah satu yang paling enak dilihat dan daebak. Suara mereka juga sangat matang dan dewasa. Single mereka adalah remake lagunya ME, "Inikah Cinta" with a twist and autotune, dan ada semacam big brass band gitu. Menurut gue itu berhasil membuat lagunya menjadi sangat enak untuk didengar. Menurut gue,lagu ini punya campuran Vibe antara Destiny's Child dan Secret yang Madonna. Tapi cuma vibe lagunya aja sih,kalo dari segi penampilan beda jauuh. Yang menjadi pertanyaan gue : versi Kilau tuh bagus, tapi kenapa malah versinya si  boyband yang hatinya selalu cenat-cenut itu yang lebih digilai ya?







Gue heran,kenapa malah group band yang sedang berdilema mau pacaran sama pacar temannya dan yang  enggak kuat sama si playboy yang lebih sering dipanggil daripada dua group ini?


3. HITZ



Kenapa gue suka sama group ini? Gue suka prinsip mereka. Karena terinspirasi sama Kpop, sekalian aja nyomot orang Korea asli.  Gue suka sama lagunya. Bagian "Yes,yes,yes" itu sangat terngiang-ngiang di telinga gue. Suara mereka juga boleh lah,enggak modal tampang aja. haha


And again, ini baru yang bener-bener namanya Kpop inspired boyband: ada sepenggal lirik berbahasa Korea, ada orang Korea ASLINYA(enggak bisa dibilang ngikutin orang Korea 'kan),suara enggak malu-maluin, dan tentu saja penampilan fisik mereka yang super tinggi dan ganteng-ganteng udah berhasil membuat kaum Hawa yang labil jadi ngiler melihatnya. Gue aja silau, bo,pas ngeliat Lee Jeong Hoon secara langsung saat HITZ lagi nongkrong di Chatterbox-La Piazza sebelum manggung. Gila PUTIH BANGET!! Pake BB cream merek apa ya dia? Gue juga pengen *hiiiaaa *kabur sebelum ditimpuk hitzmania


Tapi,kalau soal MV mereka..err.. gue enggak mau berkomentar. Kalo gue berkomentar, gue mungkin akan sesinis dan sekiplik review ala Simon and Martina (Reviewer kpop video di youtube yang kocak habis,you should visit them sometimes :D)







2. XOIX



Gue baru tahu band ini dari temen gue yang kebetulan adalah temen dari anggota bandnya. Yah setelah gue lihat lagu dan performancenya boleh lah. Dancenya juga rapih. Suaranya oke. Gaya fashionnya yang tabrakan dan beads dari metal, you can't deny it, they're heading to Kpop.







6.JKT48



Kenapa gue suka sama group ini? Karena mereka adalah sister groupnya AKB48. Iya, gue ngaku, gue suka sama AKB48 >.< (catatan: gue suka sama lagu-lagunya dan si Maeda Atsuko.. Kalo MVnya,err kok agak vulgar Heavy Rotationnya?semoga yang versi JKT48 ga kayak kakaknya).


Pas denger Heavy Rotation versi JKT48, gue jadi keinget zaman anime lagi hits banget di Indonesia dan ostnya didubbing. Yah kira-kira itu lha impresi gue ttg lagu versi JKT48. However, gue suka kok sama Heavy Rotation :) karena artinya agak curcol(hahaha).  Let's face it, yang memproduseri group ini adalah langsung yang punya AKB48, pasti ke depannya mereka bisa lebih booming. At least, di Jepang lha. Buktinya,mereka udah dapet kontrak iklan POCARI SWEAT dan udah masuk ulasan TV Jepang. Pas blog ini lagi diupdate aja,mereka lagi ke Jepang ikutan acara tahun barunya AKB48. Ganbare,minna!! Tunjukkan kekerenan idol group versi Jepang :D


No comments:

Post a Comment