Tuesday, November 8, 2011

Joan Loves.... Her 1st day as Beginner 3 in Fast Mandarin

I knew it.. emang  ngeliat cowok ganteng pas lewat psikologi adalah suatu pertanda bahwa hari ini akan baik-baik saja. Out of my surprise, presentasi gue enggak segagap seperti biasanya dan berakhir dengan sangat cepat karena dosennya males juga lama-lama. Terus pas pulang  dari kampus, gue cuma nunggu lima belas menit sampai busnya dateng..

吃晚饭以后, 我来 FAST MANDARIN 了. Eh kebawa (padahal pamer :P), yah maksud gue, setelah makan malam di rumah, gue dateng ke Fast Mandarin, tempat belajar bahasa mandarin.

Yes, people, mulai sekarang saya sudah menjadi murid PEMULA 3. Udah bisa ngerti kalo temen gue, @m_lusiahari ngomong bahasa Mandarin  di FB.. hihi

[caption id="attachment_920" align="aligncenter" width="300" caption="My new book"][/caption]

Good News:

1. Sekarang gue les pas SELASA-KAMIS-JUMAT jam 19.40, which means enggak terlalu bentrok sama jadwal begadang gue ke depan buat bikin tugas...oh iya artinya juga, gue bisa ketemuan bentar sama @VleenSasta yang ngambil kelas lanjutan dan selesainya tepat sebelum kelas gue mulai. YAY!!!

2. temen gue si Sinta masih lanjut. Begitu juga si bos lampu, Sugi-gege.

Bad News: Kayaknya yang lanjut cuma the three of us or at least yang dateng hari ini dari kelas gue ya cuma tiga orang itu. Agak sedih deh.  Gue dah rindu sama Korea bersaudara. Eh ternyata mereka enggak lanjut karena katanya mereka lagi sibuk.

Walaupun orang yang gue kenal cuma dua orang sekarang, yang the lesson must go on kan ya.

Or so I thought untill one familiar person came to our class.

Yang enggak terlambat tuh ada lima orang: gue, Sinta, Sugi, terus 2 org yg dulu ga sekelas sama kami, namanya Katy N Dickson. Gue belum tahu lebih lanjut siapakah si Katy ini. Dari pengamatan gue sih, nih orang udah kerja dan pembawaanya kalem (atau mungkin karena belum punya temen kerja sama?entah lah). Terus yang Dickson ini,come to our surprise, he's the grandson of Ratu Plaza owner. Yup THAT Ratu Plaza. wew..

Nah ada satu orang yang datangnya belakangan. Begitu gue ngeliat,kok kayaknya pernah liat di suatu tempat. Gue tuh mencoba mengobrak-abrik memori gue. Masa sih di Celebrity Fitness? Tapi kayaknya enggak mungkin deh. Terus di mana? Kenapa rasanya familiar banget?!!!

Di tengah perasaan gunda gulana, penasaran siapa gerangan cowok yang satu ini, pertanyaan gue dijawab oleh Pipin-Laoshi. He introduced this guy as MARCELL.

...

HIYAAAA!!!!

Ya elah,pantes aja gue kayak pernah lihat di mana. Gue itu hampir tiap hari ngelihat dia pas Semester Pendek tahun pertama gue sebagai mahasiswa ,sampai sekarang juga masih kadang-kadang berpapasan,....

Kok bisa?

Wong K'Marcell itu adalah salah satu dosen muda di Arsitek UI. Dia ngajar Cad dan dosen Dasar Komputer bareng K' Greg,makul yang gue ambil waktu semester Pendek. Dia itu si kakak baik dan sabar menghadapi gue yang rada o'o sama CAD (dulu lho,skarang udah mendingan gue)..

Awalnya gue takut salah orang. Tapi pas lagi sesi tanya jawab dan Laoshi suruh doski nanya berapa umur  gue  skalian nanya umur doski berapa, gue makin yakin ini adalah Marcel yang sama. Karena Marcel yang ini dan Marcell dosen gue itu sama-sama berumur 26 tahun. Gue tahu umur dosen dia, soalnya waktu PPAM gue ikut wawancara alumni Ars UI. Nah alumni yang gue wawancarai itu ya K'Marcell ini.

Ternyata gue emang bener. By the end of the lesson, gue memberanikan diri buat nanya, "Ini K'Marcell yang ngajar di UI, bukan?"

Dia kaget. "Kok tahu? Anak UI juga ya?"

Gue ngangguk. Si laoshi juga jadi penasaran. Ya gue bilang aja kalo dulu gue pernah diajarin CAD sama si K'marcell.

Dia kaget karena dia lupa. Gue sih maklum ,secara dia kan ngajar semua anak yang ngambil daskom sama Cad,mana inget dia satu-satu apalagi yang cuma diajar slama semester pendek. Gue sendiri sih juga lega kalo dia enggak inget. Ih tengsin banget diinget sebagai mahasiswa yang perlu dikasih tahu secara perlahan sebanyak tiga kali pula untuk ngasih fill saat lagi ngeibikin Object lewat Profile Managernya ArchiCad.

The next thing I know,  gue langsung ngacir setelah mendapatkan jawaban gue. Habis aneh banget tahu kalau ternyata dosen lo belajar bahasa Mandarin enggak hanya di tempat yang sama, tetapi juga di dalam kelas yang sama.  Untung doski bukan fasilitator gue di studio sekarang. Enggak kebayang kalau di studio dia ngomentarin kerjaan gue, sementara di Fast Mandarin kita belajar bersama bahasa Mandarin.. hiyaaa

Okeee kita balik aja ya ke pelajarannya. Di pelajaran pertama ini  gue belajar membandingkan dua hal dengan menggunakan Bǐ(比), Méiyǒu(没有), dan Yīyàng(一样)

contohnya:


1)(noun1)+(bi)+(noun2)+katasifat = (noun1) dibanding (noun2) lebih (katasifat)


    Beijing lebih besar dari Seoul >> 北京比首尔大 (Běijīng bǐ shǒu'ěr dà)


2) (noun) + 没有(méiyǒu) + (noun) = (noun1) tidak se(katasifat) (noun2)


   Linda tidak secantik adiknya >> 琳达没有他妹妹漂亮 (Lín dá méiyǒu tā mèimei       piàoliang)


3) yīyàng (一样) buat menyatakan kesamaan satu hal dengan yang lain.


    Pendapatku dengan pendapatmu sama >> 我的意见跟你的一样 (Wǒ de yìjiàn       gēn nǐ de yīyàng)


Bertambahlah,pengetahuan mandarin gue. hihihi


But still, rasanya ada yang kurang selama pelajaran ,tanpa adanya :


1.Michael yang pinter dan bekerja sebagai perancang subway buat Jakarta nanti.


2. Wu-xiansheng, opa yang udah tua tapi masih mau  belajar dasar-dasar bahasa Mandarin


3.Ivan dan steven dua anak sekolahan yang pinter Mandarinnya


4.Yang terutama adalah ya si Ricky dan Jin bermarga Kim itu. Kalau katanya Sugi, enggak ada yang bisa bikin ketawa lagi di kelas karena language misscommunication. Emang ngangenin mereka berdua. Enggak ada lagi orang Korea yang nanya-nanya ke gue tentang Mandarin. Rick, noona rindu.... (HALAH ,JO!!INGET UMUR LO!SETAON LEBIH TUA MUNGKIN). Saking ngangeninnya, bahkan sikapnya Dickson yang enggak biasa enggak cukup jadi penghibur kami.. Emang hati kami bertiga udah klop banget sama si Korea itu..


 Well, baru hari pertama sih.. Kita lihat aja selama dua bulan ke depan. Siapa tahu  gue-Sinta-sugi malah jadi akrab sama tiga orang yang masih 'asing'...


No comments:

Post a Comment