Tuesday, November 1, 2011

Joan Loves.... Green Code Furniture

Enggak punya ide mau ngepost apa... gue ngepost laporan lama aja.Siapa tahu bisa nambah pengetahuan bagi yang belum tahu


GREEN CODE FURNITURE


Green Code


    Pasar untuk mebel dengan green design berkembang dengan cepat seiring orang menjadi lebih sadar lingkungan,terutama karena isu global warming. Sekarang masyarakat menginginkan produk yang berkualitas, tetapi di dalam proses pembuatannya juga melibatkan praktek-praktek yang ramah lingkungan. Karena itulah diperlukan adanya kriteria-kriteria yang menentukan apakah suatu produk ramah lingkungan atau tidak. Kriteria-kriteria tersebut tergabung dalam Green Code.


Prinsip-prinsip pada Green code, antara lain:


-Memilih low impact material (material berdampak minim pada lingkungan). Sebisa mungkin memilih material yang non-toxic,dapat diproduksi secara terus-menerus, hasil daur ulang, atau juga material yang paling sedikit menggunakan energi dalam proses pembuatannya.


- Kualitas dan ketahanan. Produk yang dihasilkan dapat tahan lama dan lebih baik apabila produk bisa diganti lebih dalam jangka waktu yang lebih jarang. Hal ini dapat mengurangi dampak memproduksi produk pengganti.


- Desain produk harus dapat digunakan ulang atau didaur ulang jika sudah tidak digunakan lagi oleh penggunanya (Design for reuse and recycling)


- Bahan harus datang dari tempat lokal atau bioregional, dikelola secara berkelanjutan sebagai sumber daya yang dapat diperbaharui sehingga yang dapat dikomposkan saat kegunaan mereka telah habis. Memilih bahan lokal juga tepat karena dapat menghemat jarak pengiriman material dan dapat menghemat energi emisi gas transportasi.


Analisis Furniture


1. KNIT CHAIR




Knit Chair merupakan kursi rancangan Emiliano Godoy. Kursi ini dirancang pada tahun 2004 dan dimanufaktur oleh Pirwi. Kursi ini memenangkan Bronze Leaf di The International Furniture Design Award in Asahikawa, Jepang pada tahun 2005.



    Material utama yang digunakan adalah potongan-potongan kecil dari FSC- aircraft plywood bersertifikasi—dan carnauba wax yang ramah lingkungan karena mudah diuraikan. Semuanya disatukan hanya menggunakan ikatan tali katun,yang juga dapat diuraikan alam. Selain pemilihan bahannya,

perancang Knit chair juga sudah memikirkan ketika kursi ini sudah tidak dapat dipakai lagi. Konsep pembuatan kursi ini adalah menyatukan kumpulan potongan yang lebih kecil untuk membentuk struktur yang lebih besar. Ketika dibuang dan bergabung dengan sampah yang lain .Karena penyatu tersebut hanya berupa tali, sehingga pada waktunya tali aus, kursi dapat langsung kembali menjadi potongan kecil sehingga lebih mudah dan cepat untuk didekomposisi oleh alam. Dengan demikian tidak hanya karena mudah diuraikan, strukturnya sendiri membantu mempercepat proses dekomposisi ketika bersatu dengan alam.


Knit chair memiliki dimensi sebagai berikut: : 155 x 80 x 110 cm. Berdasarkan ukuran,menurut penulis kursi ini sudah memenuhi standar kursi untuk orang dapat duduk nyaman. Kembali karena kursi ini terbuat dari potongan-potongan plywood kecil sehingga menjadikan kursi ini lebih mudah untuk dibentuk/lebih fleksibel untuk dibentuk. Fleksibilitas yang tergabung ke dalam desain, memungkinkan kursi untuk secara dinamis merespon tubuh pengguna, beradaptasi mengikuti gerakan, ukuran dan postur pengguna.




2. Container System 1530




Container system 1530 merupakan lemari yang dirancang oleh Daniel Gafner dari Postfossil, kelompok desainer yang mencoba mencari cara yang lebih ramah lingkungan untuk merancang produk mereka. Dinamakan container system 1530 karena dirancang berdasrakan grid 15 dan 30 cm.


Container system 1530 dibuat dari French sea pine plywood yang ramah lingkungan. Dari segi desain, container system 1530 memiliki rancangan yang sustainable. Produk ini menawarkan berbagai macam kemungkinan variasi susunan struktur yang banyak sesuai selera pemiliknya karena Container System 1530 sebenarnya tediri dari beberapa kotak-kotak terpisah yang disatukan dengan penjepit kertas. Karena hanya dijepit dengan penjepit kertas,perawatan kebersihannyanya pun lebih mudah dan tidak membutuhkan peralatan berat seperti palu atau obeng. Jadi jika pengguna sudah bosan dengan struktur yang ada, ia bisa membongkarnya,dan menyusun menjadi struktur yang benar-benar baru, termasuk mengfungsikan menjadi sesuatu yang baru pula, seperti partisi pembatas ruang atau coffee table sekalipun. Ketika hanya kotak sendiri pnu,ia berguna bagi penggunanya untuk menyimpan barang.  Container System 1530 sangat mudah dibawa ketika pengguna hendak pindah rumah atau memindahkan lokasi lemari ini.


.


3. Domino table





Domino table merupakan meja rancangan dari Chris Pritchard,desainer asal Kanada. Dinamakan demikian karena kaki-kaki yang menopang bagian atas meja tersusun layaknya kartu domino yang sedang dijatuhkan. Meja ini dijual dengan harga $1,400 per satu meja. Harganya mahal karena meja ini dibuat dengan tangan oleh satu orang pengrajin. Dengan demikian, proses pembuatan meja ini tidak mengkonsumsi energi dan tidak menghasilkan emisi karbon yang merugikan lingkungan.


Chris Pritchard menggunakan Canadian birch plywood sebagai bahan kaki mejanya. Birch plywood dapat disebut material yang mengikuti green code karena sebagai tumbuhan birch adalah spesies relatif yang cepat tumbuh dan mendukung kehidupan berbagai satwa liar. Birch juga sudah dikelola sebagai sumber daya hutan yang berkelanjutan sehingga tidak akan mempengaruhi siklus keanekaragaman hayati ketika diambil dan dioleh menjadi kayu olahan.


Untuk bagian atas mejanya digunakan material tempered glass yang diberi triple gloss topcoat sebagai pelapis. Tempered glass juga merupakan material yang ramah lingkungan. Selain lebih tahan lama karena strukturnya jauh lebih kuat dibanding jenis kaca lainnya, material ini juga bisa diproduksi dari kaca bekas, serta apabila tidak dipakai lagi juga dapat didaur ulang menjadi kaca lagi. Dengan pelapis triple gloss topcoat berfungsi untuk memberikan perlindungan tambahan terhadap kaca dari goresan dan dapat membuat meja berkilau lebih lama.


Sumber:


http://www.evercoat.com/productDetail.aspx?pID=287


http://ezinearticles.com/?Tempered-Glass-Table---A-Stylish,-Safe-and-Sustainable-Choice&id=5535571


http://www.godoylab.com/html/knit_chair_page.htm


http://interiordesign.lovetoknow.com/Green_Design_Furniture


http://www.lathamtimber.co.uk/images/Literature/Birch%20Ply.pdf


http://www.treehugger.com/files/2010/07/the-shelf-becomes-the-box.php

No comments:

Post a Comment